Rabu, 20 Februari 2013

Software Untuk Memantau Komputer Siswa di LAB Komputer


Bagi para guru TIK, aktifitas mengajar di LAB Komputer sekolah tentunya sudah tidak asing lagi. Dalam aktifitas tersebut mau tidak mau guru harus memantau proses belajar pada masing-masing siswa, untuk mengetahui sampai dimana tingkat pemahaman dan keterampilan siswa dengan cara menghampiri tempat duduk dan memperhatikan layar komputer yang ada pada masing-masing siswa (capek deeeehhh...) hehehe...

Dengan software Classroom Spy Professional ini, guru tidak perlu lagi berjalan kesana-kemari untuk memantau layar komputer para siswa. Tinggal melakukan beberapa klik saja guru bisa memantau tampilan pada layar komputer semua siswa.

Oke... tanpa pajang lebar lagi, seperti ini tampilannya :
 Note : Nama komputer client saya tutup untuk menjaga privasi


Cara instalasi :

Pastikan dulu jaringan pada semua komputer telah terpasang serta terkoneksi dengan baik, dan menggunakan IP Address statis (jangan menggunakan IP Address auto).

Lanjut.....

Extract file Cla.Sp.Pro.3.3.2.1_destiny.rar, kemudian buka classroomspypro.exe. sehingga akan muncul tampilan seperti ini :
 Klik Next

Kemudian klik I Agree

Ketika muncul tapilan seperti diatas, perhatikan lingkaran merah. Nomor 1 untuk diinstal pada komputer guru, sedangkan nomor 2 untuk diinstal pada komputer siswa. Teruskan sampai selesai...

Setelah proses instalasi pada semua komputer selesai, saatnya menginputkan data IP Address masing-masing komputer siswa ke dalam program Classroom Spy Professional ini.


Cara penginputan :

Buka Start Menu - All Program - Classroom Spy Pro - Classroom Spy Professional.

Setelah terbuka, kemudian klik pada AddComputer (lihat lingkaran merah), maka akan muncul dialog Add Computer seperti diatas. Isikan IP Address salah satu komputer siswa, misal 192.168.1.20
Isikan Nickname, contoh : PC 1 atau terserah apa saja namanya.
Trus isikan password, apabila dalam menginstal pada komputer siswa tadi menggunakan password.
Terakhir klik Ok.

Lakukan hal yang sama untuk komputer lainnya.

Tambahan :
Classroom Spy Professional ini dapat memantau sebanyak 50 komputer, dengan tampilan yang dapat custom (1, 2, 3, dan seterusnya) pada tab Remote Screens - Rows.

Kita juga dapat mengontrol komputer siswa dengan fasilitas Remote Control, dapat mengirim pesan kepada komputer yang kita inginkan, dan bahkan kita dapat mematikan aplikasi yang sedang dibuka oleh siswa jika mereka nekad membuka aplikasi yang tidak sesuai dengan yang sedang dipelajari saat itu, shutdown komputer siswa, dan masih banyak lagi.

Untuk download software-nya silahkan DISINI

Sekian, semoga bermanfaat............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN PARA PENGUNJUNG MEMBERIKAN KOMENTAR DISINI